4 Cara Mitigasi Smartphone Hilang





Smartphone hilang atau tercuri adalah salah satu kejadian yang paling ditakutkan segala lapisan masyarakat. Selain Kerugian komersil dampak seperti kebocoran data, akses ilegall, dan lain lain merupakan hal yang sangat beresiko. Kejadian seperti ini seringkali terjadi bahkan dalam kenyataannya pihak kepolisian sekalipun tidak dapat membantu banyak. Sebelum hal ini menimpa kita, ada baiknya melakukan langkah langkah mitigasi. Mitigasi sendiri adalah langkah pencegahan kejadian yang dilakukan sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

4 Cara Mitigasi Smartphone Hilang

Gmail Find My Device adalah sistem yang dikembangkan oleh google untuk membantu melacak device anda atau melakukan remote action pada perangkat anda. Beberapa fitur yang dapat digunakan pada google find my device yaitu:

  • Melacak keberadaan device
  • Memutar suara pada device
  • Menguncidevice
  • Logout dari Gmail
  • Menghapus data device

Catatan Penting: jika koneksi dari perangkat dimatikan, maka Google find my device akan memberikan catatan terakhir dari lokasi device. Jika anda mengaktifkan 2auth maka anda harus login pada laptop yang pernah anda gunakan sebelumnya.

2.Mencatat Imei
Mencatat imei akan menjadi sangat penting, walaupun Imei bisa dilacak dari nomor HP namun hanya beberapa orang yang memiliki akses terhadap Imei anda. Hanya dengan mencatat Imei anda dapat langsung ke service center merek device anda tanpa perlu ke gerai provider (penyedia layanan) ataupun ke kantor polisi. Hal ini mungkin dapat membantu anda namun mengingat sulitnya akses ke beberapa service center anda harus lebih bijaksana dalam memilih device.

3.Menggunakan Layanan Dari Produsen
Pada dasarnya setiap prodesen Smartphone telah menyediakan layanan untuk mengatasi hal seperti ini terjadi. Pada produk apple memiliki sistem keamanan iCloud, pada samsung ada sistem keamanan samsung cloud, pada Xiaomi memiiliki Mi account untuk melacak, dan lain-lain. Ada baiknya anda segera membuat akun dan mengaktifkan layanan yang diberikan oleh produsen guna mengurangi beberapa resiko kehilangan smartphone

4.Memasang Kunci Layar
Memasang kunci layar memang menjadi alternatif terakhir. Memanfaatkan fitur face recognition apabila seseorang salah memasukkan password lebih dari 3-5 kali maka kamera depan akan memotret dan mengunggahnya ke akun cloud anda baik gmail ataupun yang lain. Namun cara ini seperti pisau bermata dua, karena dapat membuat pelaku melakukan factory reset via booting mode yang dapat membypass keamanan yang telah kita siapkan, dimana dampaknya kita kehilangan semua akses terhadap pelaku (selain Imei)  

QNA

Q: Bang Aku punya temen Hacker bisa bantu lacakin hp aku ga?
A: Tidak kisanak, Untuk melacak seseorang hacker membutuhkan interaksi user.

Q: Bang ada aplikasi buat lacak hp ga?
A: Tidak bujank sekalipun kamu menginstall aplkasi tracker pada ponselmu itu malah membuat dirimu semakin tidak aman.

Q: Minta bantuan HackBae bisa bang?
A: Sini Kupecahkan pala kao. Badut dipercaya.

Q: Kalo Hpnya direset pabrik gimana bang?
A: Kalo kamu terapin cara ke 3 bakalan aman kok karena waktu masuk ke pengaturan reset akan diminta password.

Q: Gmailku gabisa dipakek login dilaptop bang, musti masukin code.
A: Nah makanya jangan diaktifin 2authnya... kalo bisa jangan cuma 1 gmail dalam 1 device.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.